Selasa, 03 November 2015

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (Tugas 10)



Dari sekian banyak gambar yang dipresentasikan oleh beberapa teman saya, saya tertarik untuk membahas salah satu gambar yang ditemukan oleh I Wayan Ginastra. Anak tersebut kebetulan adalah keponakannya yang bernama Ni Luh Intan Lestari (13 tahun) yang yang bersekolah di SMP Negeri 3 Bangli.
Gambar 1. Karya Ni Luh Intan Lestari (13 tahun)


Dari karya tersebut, Intan menggambarkan bumi dengan 3 beruang diatasnya. Yang menarik pada karya ini adalah terdapat tulisan “Love and Kind World We”. Terlihat anak tersebut memiliki kepedulian terhadap lingkungan serta isu-isu sekitar terkait dengan perusakan bumi yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan hangat ditengah masyarakat.
Mengacu pada konsep yang dikemukakan oleh Victor Lowenfeld usia 13 tahun termasuk kedalam masa Naturalisme Semu. Pada masa naturalisme semu, kemampuan berfikir abstrak serta kesadaran sosialnya makin berkembang. Perhatian kepada seni mulai kritis, bahkan terhadap karyanya sendiri. Pengamatan kepada objek lebih rinci. Tampak jelas perbedaan anak-anak bertipe haptic dengan tipe visual. Tipe visual memperlihatkan kesadaran rasa ruang, rasa jarak dan lingkungan, dengan fokus pada hal-hal yang menarik perhatiannya. Penguasaan rasa perbandingan (proporsi) serta gerak tubuh objek lebih meningkat. Tipe haptic memperlihatkan tanggapan keruangan dan objek secara subjektif, lebih banyak menggunakan perasaannya. Gambar-gambar gaya kartun banyak digemari.
Pada karya anak ini terlihat bahwa sang anak mulai memiliki ketertarikan khusus terhadap seni. Dan terihat bahwa anak ini menyukai boneka sesuai dengan yang ia gambarkan yaitu boneka beruang. Permainan warna yang digunakan juga sudah mulai beragam, dimana anak ini mungkin mengikuti pola warna pada peta sehingga setiap pulau memiliki warna yang berbeda. Untuk anak seusianya juga sudah mulai memikirkan pesan moral yang disampaikan melalui yang karya yang ia buat.
Dapat disimpulkan bahwa karya yang dihasilkan oleh anak usia 13-15 tahun yang termasuk kedalam masa naturalisme semu sudah mulai dipengaruhi oleh isu-isu sekitar mereka, diamana anak seusia mereka sudah mulai kritis teradap apa yang mereka dengar maupun apa yang mereka lihat, serta sudah memperhatikan pesan moral yang ingin mereka sampaikan melalui karya yang mereka buat.

Pustaka
Bandi Soebandi. Mengenal Periodisaisi Perkembangan Seni Rupa Anak  tersedia pada /file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._SENI_RUPA/197206131999031-BANDI_SOBANDI/MENGENAL_PERKEMBANGAN_SENI_RUPA_ANAK-ANAK_(Materi).pdf diunduh pada tanggal 29 September 2015 pukul 19.45 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar