Secara alamiah anak
sudah memiliki jiwa seni sejak usia dini. Anak – anak mempunyai imajinasi yang
kuat dang seni merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan daya
imajinasi anak. Dengan menggambar mereka
bebas mengekpresikan dunia fantasi mereka. Bahkan ada beberapa anak yang
menggambar sambil bercerita sesuai dengan daya imajinasi yang sedang ia
gambarkan.
Sejalan dengan
perkembangan psikis maupun fisik anak, maka tumbuh kebutuhan berkomunikasi
visual seperti menggambar, bernyanyi, menari dan lain-lain. Pada masa
perkembangannya anak-anak cenderung menyukai menggambar sehingga menggambar
merupakan media komunikasi yang banyak digemari oleh anak-anak.
Berkaitan dengan
pengembangan bidang seni rupa, secara konseptual fungsinya adalah
menumbuhkembangkan kemampuan berpikir serta kreativitas anak. Selain itu
kegiatan menggambar dan mewarnai sangat dianjurkan untuk anak-anak karena
meningkatkan kemampuan motorik halus si anak tersebut.
Kemampuan
motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang
melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Syaraf motorik halus ini
dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinyu
secara rutin.Aktivitas ini termasuk memegang benda kecil, seperti manik-manik,
butiran kalung, memegang sendok, memegang pensil dengan benar, menggunting,
melipat kertas, mengikat tali sepatu, mengancing, dan menarik ritsleting.
Aktivitas tersebut terlihat mudah, namun ternyata memerlukan latihan dan
bimbingan agar anak dapat melakukannya secara baik dan benar.
Menurut
Meggit (2002), “Motorik merupakan terjemahan dari kata motor, yaitu:
Motor artinya dasar mekanika yang menyebabkan terjadinya suatu gerak. Gerak (movement)
adalah suatu aktivitas yang didasari oleh proses motorik. Proses motorik
ini melibatkan sebuah sistem pola gerakan yang terkoordinasi (otak, syaraf,
otot, dan rangka) dengan proses mental yang sangat kompleks, disebut
sebagai proses cipta gerak. Keempat unsur tersebut tidak bisa bekerja secara
sendiri-sendiri, melainkan selalu terkoordinasi”.
Hirmaningsih
(2010:1) menyatakan bahwa “Kemampuan motorik halus anak adalah kemampuan
seorang anak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian gerak dan
kemampuan memusatkan perhatian. Kegiatan motorik halus merupakan komponen yang
mendukung pengembangan kognitif, sosial, dan emosi anak. Pengembangan kemampuan
motorik yang benar dan bertahap akan mengembangkan kemampuan kognitif anak
sehingga dapat berbentuk kemampuan kognitif yang optimal.
Kegiatan mewarnai gambar adalah kegiatan yang
memberikan kesempatan kepada anak didik melaksanakan tugas mewarnai gambar
berdasarkan petunjuk langsung dari guru.
pemberian tugas mewarnai gambar sangat berguna bagi
peningkatan kemampuan fisik motorik halus anak. Hal ini dikarenakan melalui
kegiatan mewarnai gambar, akan melatih otot-otot jemari anak dan meningkatkan
konsentrasi anak terhadap suatu objek yang sedang diperhatikan oleh
anak.Menurut Moeslichatoen (2004:187-188), bahwa “Pemberian tugas merupakan
salah satu cara pemberian pengalaman belajar yang cocok untuk mengembangkan
keterampilan motorik. Keterampilan motorik itu, terdiri atas keterampilan
motorik kasar dan keterampilan motorik halus”.
Kurangnya pengetahuan orang tua
tentang pentingnya menggambar terhadap perkembangan anak membawa dampak negatif
bagi psikologis anak. Tidak jarang kita jumpai banyak orang tua yang memarahi
bahkan membentak ketika melihat anak mencoret-coret atau menggambar di daerah
seperti dinding maupun laintai karena menurut mereka perilaku tersebut adalah
perilaku merusak. Padahal perilaku tersebut memang wajar dilalui oleh seorang
anak dalam masa perkembangannya. Ada baiknya jika kita melihat hal seperti itu
terjadi pada anak, sebagai orang tua kita seharusnya menyediakan media untuk
mereka mengekspresikan imajinasi mereka dengan memberikan kertas atau
semacamnya daripada memarahi atau membentak mereka. Karena perilaku memarahi
atau membentak anak akan berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak.
Anak yang sering dimarahi cenderung menjadi pendiam dan minder ketika berada di
lingkungan sekolah maupun ketika bermain dengan temannya.
Menggambat dan mewarnai merupakan sebuah
keterampilan yang disukai oleh anak. Mewarnai juga menjadi media bagi mereka
untuk menuangkan segala imajinasi dan inspirasi tentang segala hal yang mungkin
pernah disentuh atau yang mereka alami. Artinya, seharusnya orang tua
senantiasa berusaha untuk memberikan rangsangan bagi buah hatinya untuk senang
mewarnai sejak usia sedini mungkin.
Pustaka
Niluh Sri Murdiani. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak
di Kelompok B TK Jaya Kumara Desa Balinggi Jati, Kecamatan Balinggi Kabupaten
Parigi Moutong tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=147352&val=5152
Diunggah pada tanggal 29 Septe,ber 2015 pukul 19.36
Bandi Sobandi. Mengenal
Periodisasi Perkembangan Seni Rupa Anak tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._SENI_RUPA/197206131999031-BANDI_SOBANDI/MENGENAL_PERKEMBANGAN_SENI_RUPA_ANAK-ANAK_(Materi).pdf
Diunggah
pada tanggal 29 Septe,ber 2015 pukul 19.45
Tidak ada komentar:
Posting Komentar