Sabtu, 29 Agustus 2015

PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK (Tugas 1)


Perkembangan siswa atau murid merupakan hal yang paling penting yang perlu dipelajari oleh calon pendidik. Tidak jarang kita jumpai guru maupun calon guru yang tidak terlalu paham bagaimana perkembangan peserta didiknya sehingga cara mengajarnyapun tidak nyambung dan tidak sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didiknya, sehingga hal tersebut menyulitkan guru terutama calon guru untuk mendapatkan perhatian siswa pada saat mengajar.
Menurut pendapat Syamsu Yusuf (2002:15) menyatakan bahwa ”perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya (maturition) yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan baik menyangkut fisik (jasmaniah) maupun psikis (rohaniah).”
Kemudian Jean Piaget, dalam buku perkembangan anak dan remaja yang disusun oleh Syamsu Yusuf (2002 : 4)  ”Perkembangan manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi dan struktur. Konsep Fungsi merupakan mekanisme biologis bawaan yang sama bagi setiap orang atau kecenderungan biologis untuk mengorganisasikan pengetahuan ke dalam struktur kognisi. Sementara struktur merupakan interelasi (saling berkaitan) sistem pengetahuan yang mendasari dan membimbing tingkah-laku inteligensi.”
Berkaitan dengan perkembangan psikis siswa, tidak bisa lepas dari perkembangan psikologisnya. Peran guru sebagai pendidik juga mau tidak mau memaksa kita untuk menjadi konsultan serta pengganti orang tua atau orang tua kedua bagi siswanya. Sering kita jumpai siswa yang acuh tak acuh terhadap gurunya terutama bagi guru baru. Saat pertama mengajar tidak jarang kita temukan banyak guru yang mengaku kewalahan bahkan dikerjai oleh siswanya. Hal ini sering dialami juga oleh mahasiswa PPL yang ditempatkan terutama di SMP, SMA maupun SMK. Ada rasa ketakutan tersendiri bagi mahasiswa yang melakukan PPL di tingkat SMP maupun SMA/SMK, baik itu ketakutan terhadap guru pamong maupun ketakutan akan diacuhkan dan dikerjai oleh siswanya. Ada saja tingkah laku yang mereka lakukan untuk mencari perhatian gurunya.
Disinilah pentingnya kita untuk mengetahui perkembangan psikologi anak terutama siswa yang sudah menginjak di usia remaja, di mana emosi dan kejiwaan mereka masih labil dan memerlukan perhatian khusus. Untuk mengatasi hal tersebut bisa kita menggunakan pendekatan terhadap siswa – siswa yang bersangkutan, karena kebanyakan siswa yang acuh tak acuh atau nakal di dalam kelas tersebut bukan berarti mereka tidak menyukai gurunya, namun mereka sedang mencari perhatian lebih.
Menurut saya hal yang paling penting untuk kita sebagai calon guru selain mengetahui perkembangan psikologis anak didiknya yaitu bagaimana cara untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswanya. Hal tersebut merupakan kunci utama kesuksesan seorang guru dalam mengajar, seperti halnya dulu sayapun pernah mengalaminya. Sesulit apapun mata pelajaran yang diajarkan tetapi jika guru yang mengajarnya menyenangkan maka sayapun akan semangat belajar walaupun saya tidak terlalu suka dengan mata pelajaran yang diajarkan.  






Sumber : http://www.lpmpjabar.go.id/index.php/rubrik/artikel/193-memet di akses tanggal 25 Agustus 2015 pukul 15.46 WITA  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar